Botol Kaca Asi – BKA – Review

Untuk menyetok ASIP (singkatan dari Air Susu Ibu Perah) di freezer, banyak pilihan wadah yang bisa kita gunakan… seperti kantung plastik, botol kaca dan botol plastik, etc. Sebenarnya paling praktis sih memang memakai kantung plastik. Karena mudah dibawa, sekali pakai bisa langsung buang, serta tidak perlu repot-repot cuci dan steril. Dari segi penyimpanan pun lebih hemat ruang karena bisa ditumpuk-tumpuk. Hanya saja, budget buat beli plastik ASI terbilang cukup mahal untuk barang yang gak bisa dipakai lagi. Uang yang kita bayar setelah sekali pakai langsung masuk tong sampah. Kurang ramah lingkungan pula, hehee…. So, agar hemat, pilihan saya jatuh kepada kontainer ASI berupa botol plastik dan botol kaca yang sudah BPA FREE tentunya. Salah satu jargon saya sekarang adalah botol kaca asi merek BKA ini ^_^

bka1

Mommies Sahabat ASI BKA pasti dah ga asing lagi sama merk kenamaan botol kaca asi berkapasitas 100ml ini. Nama Produknya BKA singkatan dari BOTOL KACA ASI. Produknya saat ini bermacam-macam tetapi masih saling berhubungan, yaitu botol kaca untuk menampung ASIP, Cooler Bag, Ice gel dan lain-lain. Saya berkesempatan mereview produk botol kaca terbarunya BKA pada taun ini. BKA merupakan salah satu pilihan wadah penyimpanan ASI berbahan kaca yang high quality. Kenapa? Karena BKA kini sudah mendapatkan gelar TOP Brand for Kids dari asosisasi Top Brand Award. Tutupnya botolnya sendiri terbuat dari bahan silicone food grade yang telah diuji BPOM. Brand BKA ini juga sudah menjadi rekomendasi dari AIMI, yaitu Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia yang berdiri sejak tahun 2007. So, kualitasnya sudah tidak usah diragukan lagi!

bka2

Brand BKA sendiri merupakan brand asli dari Indonesia. Walaupun bentuknya sama dengan beberapa produk botol kaca asi yang sudah dikenal sebelumnya, BKA ini mempunyai perbedaan yang menjadi ciri khas, yaitu emboss huruf mereknya BKA. Branded banget donk ya mommies :D

bka7

Tidak hanya itu, di bagian belakang botolnya juga terdapat emboss ukuran takaran (dalam mililiter dan oz). Ukurannya sendiri telah diuji dan valid, tidak asal-asalan. Semua itu menjadi kelebihan botol kaca asi BKA, dimana botol kaca lainnya yang sejenis belum ada ukuran takaran.

Berikut ini spesifikasi botol kaca asi BKA :

  • Material botol : kaca
  • Material tutup : silicone
  • Kapasitas Botol : 100 ml (max)
  • Tinggi Botol : 10 Cm
  • Diameter Luar Mulut Botol : 3 Cm
  • Diameter Dalam Mulut Botol : 2,4 Cm
  • Diameter Bawah Botol : 4,5 Cm

bka4

+ Mulut/leher botolnya agak lebar/tidak kecil sehingga mudah untuk membersihkannya.
+ Botol kacanya sangat licin, sehingga lemak susu tidak terlalu menempel ke botol kaca. Mempermudah membersihkannya juga.
+ Dilengkapi tanda batas di batas garis 100 ml, kapasitas maksimal pengisian ASIP. Jadi mudah menghitung jumlah ASIP kita. Pas untuk 1 botol minum.

Pertama kali dibuka, serbuk putih pada botol BKA menandakan bahwa botol dalam keadaan baru, bukan rekondisi. Jadi, untuk penggunaan pertama cuci dan bilas semua botol dan tutupnya, lalu rebus total selama 5 menit. Setelah diangkat dari kompor dan ditiriskan, botol beserta tutupnya dikeringkan. Botol akan terlihat bening setelah pencucian yang menandakan siap untuk disterilisasi untuk pengggunaan setelah pencucian dan pemakaian rutin. Semua instruksi sudah tertera dengan lengkap dan jelas pada dus dan brosur yang terdapat dalam kemasan.

bka5

Mommies bisa dapetin BKA ini di swalayan dan babyshop terdekat. Atau bisa belanja online juga ke marketplace. Penjualan BKA ini sudah merambah kemana-mana, otomatis kita bisa dengan mudah membelinya. 

Semangat menabung ASIP Mommies… ^_^

bka8

Afa abis nerima paket BKA, buat dede bayi katanya, heheheh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *