Britax Evolva 123 Plus Car Seat Review

Sebelumnya saya sempat bahas car seat maxi-cosi pebble untuk bayi usia 0 bulan sampai 15bulan disini. Sekarang saya mau cerita sedikit tentang car seat yang dipakai rafa dari dia berusia 9 bulanan sampai sekarang usianya sudah hampir 2 tahun. Rencananya akan terus dipakai sesuai dengan spesifikasinya yang bilang bisa dipakai hingga usia 12tahunan.

Waktu car sear pertama kali dibongkar dari dusnya, rafa langsung jingkrak-jingkrak. Mungkin dia merasa punya mainan baru. Hehehe.

Rafa happy

*gambar Rafa waktu 9 bulan-an*

Berikut ini spesifikasinya moms :

– Car Seat Group 1-2-3
– 9kg up to 36kg
– Usia 9 bulan sampai 11 tahun. Tapi ada yang posting spesifikasinya sampai 12 tahun juga.
– Height/Tinggi 52 cm, Width/Panjang 60 cm, Depth/Lebar 47 cm, Weight/Berat 8,1 kg
– Forward facing installation.
– 5-point safety harness with one-pull adjustment. Pasang sabuk pengamannya gampang, usahakan sampai bunyi klik.
– Multiple recline positions.
– Terdapat dua bantalan yang empuk melindungi bagian kepala.
– Ada tempat snack nya juga. Tinggal ditarik dari pinggir. Praktis.
– Cover bisa dilepas dan dicuci dengan mudah.

Warnanya macem-macem. Saya kurang tahu ada warna apa saja. Kalau saya pribadi beli warna Hitam. Mommy bisa check variasi warnanya di mbah google atau tanya langsung aja ke toko yang menjualnya. Saya kasih contoh beberapa yang dipost dari hasil random search google.

evolva fabric option

up to 12y

Saya pribadi sangat merekomendasikan ini karena untuk pertama kalinya Rafa (usia 9 bulan) tidak terlalu rewel sejak hari pertama duduk di evolva. Carseatnya emang agak bulky, tapi kalau sudah dipakai sama anak, bisa dipastikan mayoritas ibu setuju untuk menjadikan carseat evolva ini sebagai carseat ‘kece’ yang bisa bikin anaknya lumayan ‘anteng’.

Kalaupun rewel, biasanya disebabkan oleh kesal karena suatu hal, lapar atau ngantuk saja. Bukan karena anak tidak nyaman. Setidaknya itu yang dialami oleh Rafa pas awal-awal pakai evolva. Soalnya dia sempat nangis kenceng waktu mobil berhenti karena macet. Rafa paling anti sama mobil yang berhenti. Biasanya (sebelum ada evolva) walaupun mobil sudah jalan, dia suka minta digendong sama saya. Tetapi setelah pakai evolva, saat mobil jalan beberapa waktu kemudian, Rafa tidak minta digendong. Yang ada malah santai menikmati perjalanannya duduk di carseat bagaikan raja, hahaha….. Iklan banget ya! :p

Dudukan carseatnya lumayan empuk. Ada penjaga kepala kaya bantal di bagian kanan dan kirinya. Tujuannya biar kepala anak gak jatuh-jatuh pas tidur. Cuman kadang teteap aja kalau tidak disanggah sama bantal kecil, Rafa suka tidur sambil menunduk atau menyamping sampai 90 derajat ke pinggir. Hehehe….

Kelebihan lain yang saya suka, seat-nya bisa recline walaupun memang gak terlalu datar. Yaaa lumayan laaah…. :D

Minusnya itu the one and only adalah harga. Pastinya setiap review baby gear yang saya post rata-rata minus di price ya, hahaha maafkan aku mommiess!! Britax evolva ini menurut saya terbilang cukup mahal untuk ukuran carseat.

Jika anak masih berusia dibawah satu tahun, disarankan membawa bantal kecil buat ganjel kepala. Biar si kecil merasa nyaman pas tidur pulas dan posisi kepalanya ga terlalu miring-miring ke samping atau ke depan sampai merunduk full. Kaya kasusnya Rafa yang sempat saya bahas tadi diatas. Waktu Rafa masih dibawah 1 tahunan, bahkan kadang sampai sekarang kepalanya masih suka miring-miring. Aahahaha……

FYI. Ada klasifikasi jenis carseat yang bervariasi dalam posisi duduk anak dan ukuran kursi. Kategorinya dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu :
– Group 0/0+, baru lagi/newborn to 13 kg. Perkiraan dari lahir sampai usia 15 bulan.
– Group 1, 9 to 18 kg, 9 bulan sampai 4 tahun.
– Group 2, 15 kg to 25 kg, 4 sampai 6 tahun.
– Group 3, 22 kg to 36 kg, 4 sampai 10/12 tahun, pokonya berat badan dibawah 36kg.

Menurut saya, kombinasi paling bagus dalam pembelian carseat adalah beli carseat newborn, setelah kaki melebihi carseat NB, langsung ganti si ganteng evolva ini. Jadi dari carseat grup 0+ langsung 123. Ga perlu beli grup 1, grup 2, grup 3 secara terpisah. Soalnya carseat ini bisa dibilang sudah all in one.

Yak! Segitu dulu review tentang Carseat Britax Evolva 123 Plus kali ini. Semoga dapat membantu emak/mama/bunda/mommy semua :)

Have a Great Day!

See you soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *