Kiddle.co – The ‘Child Friendly’ Search Engine

Hallow Bunda dan Ayah…. Kabar gembira untuk kita semua~ Tenang ini bukan tentang kulit manggis kini ada ekstraknya, hehehee…..

Bagi yang sudah memberikan gadget pada anak-anaknya buat searching, saya dapat info bagus yang lagi hits. Yaitu launchingnya mesin pencarian khusus keluaran mbah google yang lebih optimal keamanannya untuk buah hati kita. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Ini penampakannya. Lucu ya :D

kiddleco1

Sebagai orang tua di masa sekarang ini, kita wajib melindungi anak kita dari bahaya informasi yang yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Di mesin pencarian umum, kadang kita mengetik “jenis bunga” yang mungkin bukan nama bunga atau gambar bunga, bisa jadi yang muncul malah “Bunga-bunga” yang lain. Atau kasus nyatanya seperti mencari keyword “Toge” dengan “Tauge. Silahkan dicoba dulu sendiri. Pastinya bakalan terkejut deh dengan hasilnya :p

Apa itu kiddle.co?

Kiddle.co itu bisa dibilang googlenya anak-anak. terobosan Google adalah dengan memberikan layanan mesin pencari khusus untuk anak anak yang bisa diakses dengan masuk ke alamat URL http://www.kiddle.co

Berikut screenshot info dari kiddle.co

kiddleco2

kiddleco3 kiddleco4

Kenapa kiddle.co aman?

Situs hasil pencarian tersebut diklaim aman bagi anak karena proses kurasi yang menggunakan Google Safe Search. Google memastikan jika tiga laman teratas hasil pencarian merupakan laman yang memang dibuat khusus untuk anak-anak.

Urutan selanjutnya mungkin konten akan sedikit lebih dewasa tetapi masih dapat dipahami dengan mudah. Semakin kebawah maka halaman akan seperti konten hasil searching google biasa. Tetapi semua merupakan hasil kurasi Google Safe Search. Konten-konten dewasa, seperti gosip tentang satu artis hingga akun resmi dari jejaring sosial tidak akan ditampilkan. Melainkan, anak-anak hanya akan mendapatkan biografi yang tentunya aman untuk dikonsumsi mengenai artis tersebut. Not Bad lah for first trial :p

Point plusnya adalah mesin pencarian ini diklaim juga tidak mengumpulkan informasi personal dari si anak. Logs dari situs ini pun bakal dihapus setiap 24 jam.

kiddleco5

Bagaimana menggunakannya ?

Cara penggunaannya sama persis seperti mesin pencari google. Kita tinggal memasukkan kata kunci di kotak pencarian. Uniknya, hasil pencarian akan muncul dengan font besar yang lebih sederhana dan beberapa di antaranya bahkan langsung dilengkapi ‘Big thumbnails’ alias gambar yang besar. Cocok buat anak yang merasa konten visual lebih menarik, hehe.

Kelebihan lainnya, kita sebagai orangtua pengguna juga dapat berpartisipasi dalam memberi masukan tentang halaman mana saja yang harus diblokir dan tidak sesuai dengan anak-anak.

kiddleco6

Orang tua bisa memasukkan website yang ingin diblokir

kiddleco7

Orang tua bisa menambah kata kunci yang ingin diblokir

Sayangnya, karena Kiddle ini termasuk masih baru, jadi untuk pencarian kata dalam Bahasa Indonesia pencariannya belum tertarget secara sempurna. Maklum, Non-English sih, untuk mencapai kata sempurna kudu rada bersabar dulu nampaknya. Hehee….

Selain Kiddle.co, ada beberapa situs pencari khusus anak-anak juga, diantaranya adalah :

http://www.kidrex.org/
http://www.gogooligans.com/
http://www.safesearchkids.com/

dan sepertinya masih ada beberapa lagi yang lain… :D

Kalau ditanya mana yang paling bagus, mohon maaf saya sendiri juga belum mencoba lebih detail. Mungkin seiring berjalannya waktu kita akan tau sendiri mana yang paling cocok. Yang pasti untuk sekarang kita sebagai orang tua bisa sedikit bernafas lega akan adanya fitur baru ini. Kita doakan saja semoga fitur ini lama-kelamaan bisa semakin baik ya.

Thank you and have a good time Ayah-Bunda ! :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *